Karbohidrat termasuk ke dalam makronutrien yang penting dalam tubuh untuk memberikan energi dalam menjalankan kegiatan sehari - hari. Selama proses pencernaan, karbohidrat dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu :


- Karbohidrat Sederhana (Simple Carbohydrates)

- Karbohidrat Kompleks (Complex Carbohydrates).




Perbedaan Karbohidrat  Sederhana dan Kompleks


  • Karbohidrat Sederhana (Simple Carbohydrates) : Jenis karbohidrat ini mudah dicerna oleh tubuh untuk dijadikan energi, sehingga dapat memberikan energi lebih cepat, tetapi juga cepat habis atau cepat membuat lapar. Biasanya jenis karbohidrat ini ditemukan dalam makanan yang manis.


  • Karbohidrat Kompleks (Complex Carbohydrates) : Jenis karbohidrat ini membutuhkan proses yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga dapat memberikan energi dalam jangka waktu yang lebih lama dan tidak cepat lapar. Biasanya jenis karbohidrat ini banyak mengandung serat.



10 Contoh Karbohidrat Sederhana dan Kompleks

  • Contoh Karbohidrat Sederhana (Simple Carbohydrates) :

  1. Gula pasir

  2. Coklat

  3. Sirup

  4. Produk Susu

  5. Madu

  6. Minuman Soda

  7. Kue

  8. Nasi Putih

  9. Pastry

  10. Permen


  • Contoh Karbohidrat Kompleks (Complex Carbohydrates) :

  1. Oatmeal

  2. Kentang

  3. Ubi

  4. Jagung

  5. Nasi Merah

  6. Roti Gandum

  7. Quinoa

  8. Kacang merah

  9. Brokoli

  10. Pisang



Ringkasan

Pada dasarnya karbohidrat sederhana (Simple Carbohydrates) dicerna lebih cepat oleh tubuh dibandingkan dengan karbohidrat kompleks (Complex Carbohydrates). Jika sedang melakukan diet sebaiknya lebih sering mengonsumsi karbohidrat kompleks dibandingkan karbohidrat sederhana, karena karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak serat, vitamin dan mineral. Selain itu jenis karbohidrat ini dapat menyeimbangkan kadar gula darah, membantu proses pencernaan, dan memberikan sumber energi yang lebih stabil sehingga membuat tubuh kenyang lebih lama.



Sumber Referensi